Sabtu, 23 Juli 2011

VAKSIN CAMPAK, GONDONG & RUBELA

Vaksin campak, gondong dan rubela adalah vaksin kombinasi yang diindikasikan untuk pencegahan pada usia 1 tahun atau lebih terhadap penyakit campak, gondong dan rubela.
Campak adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus campak. Penularannya terjadi melalui udara ataupun kontak langsung dengan penderita. Gejalanya adalah demam, batuk, pilek, dan timbul bercak merah di kulit 3-5 hari setelah anak menderita demam. Komplikasi dari penyakit campak adalah pneumonia (radang paru-paru), infeksi telinga, neuritis (radang pada syaraf), arthritis (radang sendi) dan ensefalitis (radang otak) yang dapat menyebabkan kerusakan otak yang permanen.
Gondong adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus gondong. Penularannya terjadi melalui udara. Gejalanya adalah demam 3-5 hari, pembengkakan di daerah pipi yang berdekatan dengan telinga bagian bawah, rasa kurang enak badan, nyeri kepala dan rasa sakit bila menelan atau mengeluarkan air liur. Komplikasi paling sering adalah radang otak dan radang buah pelir atau kandung telur (14-35%) yang dapat menyebabkan kemandulan.
Rubela atau campak jerman adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus rubella. Penularannya adalah melalui udara. Gejala-gejala yang khas adalah demam, timbulnya bercak merah di kulit, pembesaran kelenjar getah bening di leher dan bagian belakang kepala. Komplikasi rubela adalah arthritis (radang sendi) dan neuritis (radang syaraf), tetapi yang paling serius adalah jika virus rubella menginfeksi ibu yang sedang hamil karena dapat merusak janin dalam kandungan ibu. Bila seorang ibu menderita rubela dalam bulan-bulan pertama kehamilannya, maka janin dalam kandungan akan mengalami berbagai kelainan bawaan antara lain kelainan jantung, mikrosefali (ukuran kepala kecil) disertai dengan kelambatan perkembangan intelektual, tuli dan buta (Rubella Congenital Syndrome)
Pencegahan paling efektif adalah dengan imunisasi. Pemberian imunisasi bertujuan untuk melindungi terhadap penyakit-penyakit tersebut hanya dengan satu suntikan. Vaksin ini mengandung ketiga jenis virus campak, gondong, dan rubela yang masih hidup tetapi telah dilemahkan, dan dikemas dalam bentuk kemasan tunggal sebagai vaksin campak, gondong dan rubella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar